Download Tugas Aksi Nyata 2.3 Calon Guru Penggerak (CGP) 2023
1. Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui pembelajaran berkelompok, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan iman kepada malaikat.
2. Peserta didik mampu membuat produk berupa infografis menggunakan aplikasi digital
2. Lembar
Observasi Pembelajaran di Kelas
2. Kegiatan pembelajaran mencerminkan diferensiasi proses. Strategi melalui berdiskusi kelompok sesuai dengan gaya belajar agar mencapai tujuan pembelajaran dan area pengembangan yang akan dicapai.
3. Lembar
Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas
catatan
Refleksi Guru:
Setelah saya melakukan observasi di kelas
rekan guru, saya dapat melihat pelaksanaan pembelajaran yang sudah
sesuai dengan perencanaan yang
telah
dipersiapkan sebelumnya. Dan untuk aspek yang dikembangkan guru sudah Nampak terlihat dalam pembelajaran.
Dengan kegiatan observasi ini saya dapat memhami aspek mana saja yang perlu ditingkatkan
oleh guru dalam pembelajaran, sekaligus untuk
cerminan diri saya sebagai guru.
Topik percakapan dan catatatan :
Topik yang dibahas setelah observasi kelas adalah terkait hal yang belum maksimal
sesuai area pengembangan yang ingin dicapai. Dan ternyata rekan guru juga merasakan hal
yang sama yakni belum maksimalnya semua murid bersikap sesuai harapan setelah
memahami
materi
terkait iman kepada malaikat. Yang kedua, perlunya instruksi
yang lebih detail kepada kelompok kinestetik pada saat mereka mendapat tugas pengamatan di luar
kelas, misalnya; murid mengamati sikap/perilaku orang lain, maka diberi area yang lebih jelas
area
pengatamannya dimana saja.
Catatan lainnya terkait dengan proses pembelajaran yang
telah
dilaksanakan adalah
rekan guru
sangat sabra dalam menghadapi murid.
Dengan ketelatenan mendampingi murid berdiskusi dengan gaya belajar masing-masing. Selain itu, rekan guru telah mampu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi konten, proses.
4. Lembar
Rencana Pengembangan Diri
1. Area pengembangan berupa sikap murid menunjukkan keaktifan dalam belajar
2. Kegiatan pembelajaran mencerminkan diferensiasi proses.
5. Refleksi Diri Latihan Coaching
Refleksi diri :
● Apa yang sudah berjalan dengan baik selama percakapan?
● Apa yang masih perlu diperbaiki/ditingkatkan?
● Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk tetap dalam kondisi presence (kehadiran penuh)
sebelum dan saat
melakukan coaching?
● Apa yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk memperbaiki/meningkatkannya?
Download File Word :
1. Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas
2. Lembar Observasi Pembelajaran di Kelas
3. Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas
4. Lembar Rencana Pengembangan Diri
5. Refleksi Diri Latihan Coaching
Komentar
Posting Komentar