Download Tugas Aksi Nyata 2.3 Calon Guru Penggerak (CGP) 2023


 1. Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui pembelajaran berkelompok, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan iman kepada malaikat.

2. Peserta didik mampu membuat produk berupa infografis menggunakan aplikasi digital


2. Lembar Observasi Pembelajaran di Kelas


    1. Si
kap anak menunjukkan kemampuan menjelaskan komponen komponen komputer. Strategi pengembangan guru melakukan observasi terhadap sikap/perilaku murid.

2. Kegiatan pembelajaran mencerminkan diferensiasi proses. Strategi melalui berdiskusi kelompok sesuai dengan gaya belajar agar mencapai tujuan pembelajaran dan area pengembangan yang akan dicapai.


3. Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas


catatan Refleksi Guru:


Setelah saya melakukaobservasi di kelas  rekan  guru, saya dapat  melihat  pelaksanaan pembelajaran yang sudah sesuai dengan perencanaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dan untuk aspek yang dikembangkan guru sudah Nampak terlihat dalam pembelajaran. Dengan kegiatan observasi ini saya dapat memhami aspek mana saja yang perlu ditingkatkan oleh guru dalam pembelajaran, sekaligus untuk cerminan diri saya sebagai guru.


Topik percakapan dan catatatan :

Topik yang dibahas setelah observasi kelas adalah terkait hal yang belum maksimal sesuai area pengembangan yang ingin dicapai. Dan ternyata rekan guru juga merasakan  hal yang sama yakni belum maksimalnya semua murid bersikap sesuai harapan setelah memahami materi terkait iman kepada malaikat. Yang kedua, perlunya instruksi yang lebih detail kepada kelompok kinestetik pada saat mereka mendapat tugas pengamatan di luar kelas, misalnya; murid mengamati sikap/perilaku orang lain, maka diberi area yang lebih jelas area pengatamannya dimana saja.

Catatan lainnya terkait dengan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan adalah rekan guru sangat sabra dalam menghadapi murid. Dengan ketelatenan mendampingi murid berdiskusi dengan gaya belajar masing-masing. Selain itu, rekan guru telah mampu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi konten, proses.


4. Lembar Rencana Pengembangan Diri


1. Area pengembangan berupa sikap murid menunjukkan keaktifan dalam belajar

2. Kegiatan pembelajaran mencerminkan diferensiasi proses.


5. Refleksi Diri Latihan Coaching


Refleksi diri :

 Apa yang sudah berjalan dengan baik selama percakapan?

 Apa yang masih perlu diperbaiki/ditingkatkan?

 Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk tetap dalam kondisi presence (kehadiran penuh)

sebelum dan saat melakukan coaching?

 Apa yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk memperbaiki/meningkatkannya?



Download File Word :

1. Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas

2. Lembar Observasi Pembelajaran di Kelas

3. Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas

4. Lembar Rencana Pengembangan Diri

5. RefleksDiri Latihan Coaching











Komentar