JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3
Pengelolaan Program Yang Berdampak
Positif Pada Murid
Awaluddin
Hasibuan, S.Kom
CGP Angkatan 9 Kab. Padang Lawas
Sebelum Saya Tuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ini, Saya
Ucapkan Terima Kasih Kepada :
1.
Ibu
Dewi Kristina Tampubolon, S.Pd, Gr.
Selaku Fasilitator CGP Angkatan 9
2.
Bapak
Ibarahim Siregar, S.Pd., M.Si Selaku
Pengajar Praktik CGP Angkatan 9
Yang Sudah bersusah payah membimbing
kami sampai saat ini.
Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
Salam
dan bahagia untuk kita semua
Tidak
terasa kita sudah sampai dipenghujung modul 3.3 Banyak pelajaran berharga yang
saya petik dari modul 3.3 ini termasuk diantaranya Pengelolaan Program Yang
Berdampak Positif Pada Murid, Banyak
juga pengalaman berharga yang saya pelajari dari rekan-rekan guru hebat,
Pengajar praktik, fasilitator ataupun instruktur. Melalui jurnal dwi mingguan
ini saya mencoba menggambarkan pengalaman belajar yang saya alami selama
mempelajari modul 3.3 Pengalaman-pengalaman berhaga saat mempelajari modul 3.3 Saya sajikan dengan model 4F atau
4P.
Selamat membaca Semoga Bermanfaat.
1.
Fact (Peristiwa)
Modul 3.3, sebagai modul
penutup dalam Pendidikan Guru Penggerak, mengikuti pola yang telah ada
sebelumnya dengan mengikuti alur MERDEKA, yang dimulai dari tahap "Mulai
dari Diri." Dalam tahap ini, CGP diperkenalkan dengan pertanyaan awal
mengenai program yang berdampak pada murid dan hubungannya dengan student
agency. Modul kemudian membahas cara menyusun program yang memberikan dampak
positif pada murid serta bagaimana meningkatkan student agency dengan
mempertimbangkan aspek-aspek penting seperti suara, pilihan, dan kepemilikan.
Selain itu, modul juga mengupas isu tentang lingkungan yang mendukung
perkembangan kepemimpinan murid dan keterlibatan komunitas dalam memfasilitasi
perkembangan ini. Pada forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa CGP berbagi
pengalaman mereka terkait program-program yang telah dijalankan di sekolah
mereka yang berdampak positif pada murid, sementara yang lain memberikan umpan
balik dan diskusi terkait hal tersebut.
2.
Perasaan (Feeling)
Minggu kedua dalam PGP
angkatan 9 ini menciptakan perasaan campuran yang penuh emosi. Kehadiran modul
terakhir dalam program ini memberikan kebahagiaan, meskipun tugas-tugas yang
menantang telah diselesaikan dengan sukses dan beberapa tugas yang terlambat
akhirnya selesai di waktu yang sesuai. Saya merasa bersyukur karena masih
memiliki kesehatan dan kesempatan untuk mencapai tahap ini, yaitu menyelesaikan
modul 3.3 dan terlibat dalam eksplorasi konsep serta sesi diskusi di Ruang
Kolaborasi. Dengan PGP, saya bertekad untuk menerapkan ilmu yang saya peroleh
di sekolah tempat saya mengajar. Kolaborasi dengan rekan guru lainnya
diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi murid-murid di sekolah kami.
Namun, terdapat juga perasaan sedih
dalam minggu terakhir ini, karena kami akan menyelesaikan sesi Ruang Kolaborasi
dengan Fasilitator. Meskipun kami belum pernah bertemu langsung secara
personal, saya merasa sangat terhubung dengan beliau melalui ilmu-ilmu yang telah
dia bagikan, terutama yang terkait dengan materi di LMS. Saya telah menerima
banyak bantuan dan dukungan dari beliau selama PGP ini. Selama perjalanan ini,
saya mengakui banyak kekurangan saya, termasuk masalah jaringan yang tidak
selalu mendukung, tugas-tugas yang terkadang terlupakan, dan bahkan kelewatan
jadwal video conference. Fasilitator selalu memberikan pengingat dan bantuan
yang sangat berarti bagi saya. Melalui jurnal ini, saya ingin mengungkapkan
terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Pengajar Praktik atas segala
kebaikan dan bantuannya. Meskipun saya akan mengucapkannya secara langsung
kepada beliau nantinya.
3. Pembelajaran (Findings)
Modul 3.3 telah memperluas wawasan
saya dalam merencanakan dan merancang kegiatan yang berpotensi memberikan
dampak positif pada murid. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kepemimpinan
murid atau student agency. Untuk mencapai dampak positif ini, penting untuk
mempertimbangkan aspek-aspek seperti suara (voice) dan pilihan (choice) yang
dimiliki oleh murid, sehingga mereka dapat merasa memiliki (ownership) terhadap
kegiatan tersebut.
Dalam perancangan program yang akan
memberikan dampak positif pada murid, tahap awal yang penting adalah melakukan
pemetaan aset atau sumber daya yang dimiliki oleh sekolah secara cermat. Dengan
langkah ini, program dapat dioptimalkan dengan lebih baik, mengurangi hambatan
yang mungkin timbul, dan berkontribusi pada pencapaian visi dan misi sekolah.
Pemetaan aset adalah langkah penting dalam memastikan kesuksesan program yang
berfokus pada murid.
4. Penerapan (Future)
Rencana kedepannya yang akan saya
lakukan adalah saya akan melakukan kolaborasi dengan rekan dan murid-murid saya
di sekolah, berbagi ilmu dan secara bersama-sama untuk merancang program atau
kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan mendengarkan suara (voice)
dan pilihan (choice) mereka. Sehingga program tersebut dapat berdampak
bagi murid dan menumbuhkan rasa memiliki pada diri murid terhadap apa yang
sudah dirancang secara bersama-sama.
Terima Kasih..
Wassamu’alaikum, Wr. Wb.
Salam Guru Hebat.
Ref .
https://www.blogmerdekabelajar.com/2023/10/jurnal-refleksi-dwi-mingguan-modul-33.html
Komentar
Posting Komentar