Tugas Ruang Kolaborasi Modul 3.3 Cgp Angkatan 9
A. Tujuan Pembelajaran Khusus :
Berdasarkan pemahaman mereka terhadap konsep kepemimpinan murid, CGP akan bekerja dalam kelompok membuat gambaran umum sebuah program/ kegiatan sekolah yang mempromosikan suara (Voice), Pilihan (Choice) dan Kepemilikan (Ownership) Murid.
CGP mempresentasikan hasil karya kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.
B.Kegiatan Kokurikuler
Kokurikuler adalah kegiatan pembelajaran peserta didik yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan mata pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler di kelas. Pelaksanaan kokurikuler dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengoptimalkan penguatan pendidikan karakter pada siswa.
C. PROGRAM
GELAS (Gerakan literasi Sekolah)
Deskripsi :
Mengenalkan kebiasaan membaca sejak dini merupakan salah satu strategi meningkatkan literasi yang bisa dilakukan. Kita dapat menggunakan buku-buku dengan gambar menarik untuk anak-anak kecil, tetapkan jadwal membaca rutin, dan pilih buku yang sesuai dengan usia dan minat mereka.
Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca.
Ada 6 jenis literasi dasar yang harus dikuasai, yaitu :
Literasi membaca dan menulis,
Literasi numerasi,
Literasi sains,
Literasi finansial,
Literasi digital,
Serta Literasi budaya dan kewargaan
Kegiatan GELAS merupakan program Kegiatan Ko – Kurikurikuler yang bertujuan untuk melatih, keterampilan dan mengembangkan pengetahuan murid dalam bidang literasi disekolah. Program ini melatar belakangi karena rendahnya minat baca murid dibuktikan dengan adanya raport mutu pendidikan dan hasil observasi dikelas.
D. Pilihan Jenjang
Adapun Pilihan jenjang yang menjadi target GELAS ini adalah Kelas VIII SMPN 2 AEK NABARA BARUMUN .
E. Target Program
Membudayakan literasi kepada murid murid mampu menigkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam literasi disekolah. Kegiatan GELAS ini ditargetkan I Semester untuk persiapan ANBK (Asesment Nasional Berbasis Komputer)
F. Pelaksanaan Program
Adapun kegiatan pelaksanaan Program GELAS ini :
Program ini dilaksanakan pada Hari senin dan Hari Rabu jam 07.15 – 07. 30 Sebelum proses pembelajaran dimulai.
Program ini melibatkan murid kelas VIII dan didampingi oleh guru piket.
G. Tahap Pengembangan GELAS
Minggu I Kegiatan literasi berfokus tentang keagamaan dengan melibatkan guru agama.
Minggu II Kegiatan literasi berfokus pada buku/bacaan yang mereka sukai
Minggu III Kegiatan literasi berfokus pada pengalaman murid sehari hari.
H. 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid.
Dari 7 karakteristik lingkungan dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, karakteristik yang diciptakan melalui kegiatan/program yang kami rencanakan kelompok 1 yaitu :
Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri, lingkungan yang seperti ini akan menyediakan berbagai kegiatan yang menarik, menantang dan bermakna, dimana dalam proses ini murid akan merasa senang hati dan menikmati setiap momen pembelajarannya.
Lingkungan sekolah yang melatih keterampilan GELAS yang dibutuhkan murid dalam proses mencapai tujuan Akademik dan Non Akademik.
Penataan lingkungan diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan dan ketenangan murid melakukan pelaksanaan kegiatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Lingkungan sekolah mengembangkan keterampilan literasi baca tulis, literasi digital dan murid akan belajar menilai sejauh mana kemajuan proses belajarnya. Murid mampu mengerjakan tugas sekolahnya secara mandiri, memiliki pemahaman yang benar sehingga tercapai tujuan yang telah ditetapkan.
I. Menentukan program atau kegiatan apa yang bisa dibuat, Tahap awal yang dilakukan adalah menjabarkan :
1.Apa (What)
2.Bagaimana (How) dan
3.Mengapa (Why)
1.APA (What)
GELAS tersebut meliputi tiga tahapan, yakni (1) menumbuhkan minat baca, (2) meningkatkan kemampuan literasi buku pengayaan, dan 3) meningkatkan kemampuan literasi buku pelajaran (D.D. Kemdikbud, 2016). Triatma (2016) menjelaskan rendahnya minat baca disebabkan beberapa hal, diantaranya mahalnya harga buku dan terbatasnya fasilitas perpustakaan, Oleh karena itu, Sekolah harus bisa memfasilitasi berbagai sarana yang dapat meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah, Maka dari itu kelompok 1 sangat tertarik untuk membuat Program GELAS Melalui kegiatan Kokurikuler.
2.BAGAIMANA (HOW)
Kegiatan ini merupakan suatu program yang terjadwal dilakukan 2 kali dalam seminggu yaitu hari rabu dan kami, Pengembangan GELAS dilakukan oleh murid kelas VIII dengan membaca dengan durasi 15 menit. Selanjutnya beberapa murid menyampaikan kesimpulan dari apa yang telah dibaca.
3.MENGAPA (WHY)
Kurangnya minat baca para murid bisa juga karena kurangnya sarana prasarana sekolah untuk kegiatan tersebut dan hambatan dalam program GELAS yakni rendahnya semangat murid untuk membaca serta rasa bosan terhadap buku yang telah mereka baca, untuk itu guru harus berperan aktif memotivasi murid untuk melaksanakan program “ GELAS”
J.Diagram Y :
1.Suara (Voice)
Kegiatan literasi ini berasal dari aspirasi murid karena adanya keinginan dari mereka untuk meningkatkan kemampuan literasinya.
Melibatkan siswa untuk menyepakati hari pelaksanaan kegiatan membaca.
Melibatkan murid dalam menentukan waktu untuk membaca buku.
2.Pilihan (Choice)
Memberikan kesempatan kepada murid menentukan tempat GELAS.
Memberikan murid kesempatan untuk menentukan tema yang akan dibacakannya.
Murid diberi kesempatan untuk berkarya sesuai bakat dan minatnya.
3.Kepemilikan Murid (Ownership)
Memberikan kesempatan murid membawa sumber pembelajaran
Menampilkan murid dan menyampaikan kesimpulan hasil bacaan setiap hari kamis
TERIMA KASIH
“Kebersamaan itu seperti permulaan, kemudian menjaga kebersamaaan merupakan kemajuan dan bekerja bersama merupakan keberhasilan”
-Henry Ford-
Komentar
Posting Komentar