JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.2

 

JURNAL
REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.2



NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK





Awaluddin
Hasibuan, S.Kom



CGP Angkatan 9 Kab. Padang Lawas





 



Sebelum Saya Tuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ini, Saya
Ucapkan Terima Kasih Kepada :



1.      
Ibu
Dewi Kristina Tampubolon, S.Pd, Gr. Selaku
Fasilitator CGP Angkatan 9



2.      
Bapak
Ibarahim Siregar, S.Pd., M.Si Selaku
Pengajar Praktik CGP Angkatan 9



Yang Sudah bersusah payah membimbing
kami sampai saat ini.



 



Assalamu’alaikum, Wr. Wb.



Salam
dan bahagia untuk kita semua



Tidak
terasa kita sudah sampai dipenghujung modul 1.2. Banyak pelajaran berharga yang
saya petik dari modul 1.2 ini termasuk diantaranya Nilai-nilai dan Peran guru
Penggerak, Banyak juga pengalaman berharga yang saya pelajari dari rekan-rekan
guru hebat, Pengajar praktik, fasilitator ataupiun instruktur. Melalui jurnal
dwi mingguan ini saya mencoba menggambarkan pengalaman belajar yang saya alami
selama mempelajari modul 1.2. Pengalaman-pengalaman berhaga saat mempelajari
modul



1.2
Saya sajikan dengan model 4F atau 4P.



Selamat membaca Semoga Bermanfaat.



 



Setelah saya mempelajari modul 1.2 saya mendapatkan banyak
pengetahuan-pengetahuan baru tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. Pada
modul 1.2 dimulai dengan membuat trapesium usia. Dari Trapesium usia. Dari trapesium usia yang sudah saya buat, saya
banyak menyadari bahwa begitu banyak kejadian-kejadian di masa lalu baik yang
negatif atau positif meskipun sudah lama berlalu tetapi kejadian tersebut masih
bisa saya ingat. Hal tersebut menjadi pembelajaran berharga dan sebagai alarm
bagi saya sebagai guru agar saya senantiasa tidak mengulangi hal-hal negatif
yang saya alami terhadap siswa-siswa saya di sekolah. Sebagai guru saya harus
bisa menjadi hal positif untuk siswa-siswa saya. Selanjutnya saya
mengidentifikasi nila-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya.
Kemudian bagaimana nilai-nilai guru penggerak tersebut bisa dilakukan dan
dioptimalkan dalam pembelajaran maupun dalam kepemimpinan di sekolah tempat
saya mengajar yaitu SMK N 1 Barumun.



 



Untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran modul 1.2 tentang
nilai dan peran guru penggerak ini, saya akan menuangkannya dengan model 4F
yaitu: Facts (peristiwa), Feelings
(perasaan), Findings (pembelajaran), dan Future (penerapan ke depan).
  



1.       Facts
(Peristiwa)



Minggu pertama Agustus
2023
saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu tentang nilai dan peran guru
penggerak. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu
bagian A tentang konsep manusia tergerak, lalu bagian B tentang konsep manusia
bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia.



Di
tanggal 16 Agustus 2023, saya
memulai kegiatan yaitu Mulai dari diri lalu mempelajari modul dan berdiskusi
secara tertulis di alur eksplorasi konsep. Ternyata materi di modul 1.2 ini
lumayan banyak dan membutuhkan waktu lebih untuk mempelajarinya dibandingkan
modul sebelumnya. Setelah mempelajari materi dan berdiskusi di alur eksplorasi
konsep, saya dan teman-teman melanjutkan kegiatan diskusi di ruang kolaborasi
1.2. Pada pertemuan ini, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Di dalam
kelompok ini, kami diminta membuat karya yang berisi gambaran singkat yang
berbasis kekuatan nilai lalu merancang satu kegiatan yang sesuai dengan peran
GP yang kelompok pilih.Setelah melakukan diskusi di kelompok kecil, kami
lanjutkan kegiatan di hari berikutnya yaitu dengan agenda Presentasi hasil diskusi kelompok masing-masing. Kegiatan berjalan
dengan lancar dan diakhiri dengan kegiatan refleksi yang dipimpin oleh Ibu
fasilitator yaitu ibu Dewi Kristina Tampubolon,
S.Pd, Gr.



Kegiatan di modul 1.2 ini diakhiri dengan kegiatan diskusi
virtual di ruang Elaborasi pemahaman
bersama instruktur nasional yaitu bapak
Ery Arisna Nasution. Pemaparan materi yang disampaikan
instruktur sangat jelas dan rinci sehingga saya pribadi yang belum begitu paham
tentang materi modul 1.2 mendapatkan banyak pencerahan dari beliau selaku
instruktur dalam pertemuan virtual ini.
 



2. Feelings (Perasaan)



Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru
penggerak, saya menyadari segala kekurangan saya dan ingin memperbaiki
kesalahan itu dengan mulai bergerak perlahan/ sedikit demi sedikit. Saya
memiliki prinsip bahwa saya harus bergerak secara sendiri dulu yang timbul dari
niat pribadi saya selaku CGP. Saya ingin memperbaiki hal-hal yang kurang baik
selama ini, lalu berusaha menumbuhkan nilai dan peran yang mesti dimiliki oleh
seorang guru penggerak. Setelah saya tergerak, barulah kita bekerja sama untuk
saling menggerakkan rekan guru lain di sekolah, karena kebetula di sekolah saya
ada rekan guru penggerak lain juga yang bisa diajak kerja sama. Semoga ke depan
bisa bergerak bersama mewujudkan peserta didik yang berkarakter profil belajar
Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik.
  



3. Findings (Pembelajaran)



Banyak pengalaman dan ilmu yang saya peroleh selama dua minggu
mempelajari modul 1.2, yaitu sebagai berikut: Mendapatkan pembelajaran tentang
bagaimana cara kerja otak manusia, yaitu thinking fast dan thinking slow.
Sebagai seorang pendidik, kita mesti membiasakan diri untuk thinking slow
supaya kita tidak terburu-buru dalam menilai dan memutuskan sesuatu.



a.
Lalu saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan
rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup.



b.
Materi selanjutnya tentang tahap perkembangan manusia secara psikososial
menurut erik erikson, diharapkan dengan kita tahu psikososial di setaip tahap
perkembangan manusia, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan
dengan peserta didik di setiap tahapan perkembangannya.



c.
Materi berikutnya tentang nilai dan peran guru penggerak. Ada 5 nilai dan 5
peran yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak.



d.
Mendapatkan ilmu tentang profil pelajar Pancasila. Untuk menghasilkan murid
yang memiliki profil pelajar Pancasila, kita sebagai guru harus lebih dahulu
mempelajari dan mencontohkan dalam keseharian yang mencerminkan profil pelajar
Pancasila, karena sejatinya guru adalah teladan bagi peserta didik.



 



4. Future (Penerapan)



Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru
penggerak, saya akan berusaha



menerapkan
beberapa hal berikut :



a. Secara
mandiri selalu belajar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan
kompetensi saya sebagai guru tanpa harus disuruh oleh pihak manapun.



b. Melaksanakan
pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menerapkan model dan media
pembelajaran yang inovatif.



c.
Berkolaborasi dengan murid, rekan sejawat, maupun dengan lingkungan sekitar
untuk



kepentingan
murid



d.
Menjadi coach bagi guru lain, seperti membantu mereka yang kesulitan dalam
memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang mendukung kegiatan pembelajaran.



e. Aktif
didalam komunitas praktisi dengan mengadakan pertemuan mingguan.



 



 



 



 



Demikian Refleksi dari perasaan saya selama mempelajari modul 1.2
yang coba saya ungkapkan dalam jurnal ini dapat menginspirasi dan dapat
memberikan manfaat orang lain. Tiada
Gading yang Tak Retak,
Terkhir saya mohon maaf apabila dalam penulisan
jurnal ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan.



Terima
kasih.



 



Wassalamu’alaikum, Wr.Wb.



Salam Guru Penggerak

Komentar