Tugas 3.1.a.8.2. Blog Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1
Tugas Blog Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1
Oleh . Awaluddin Hasibuan
Cgp Angkatan 9. Kab. Padang Lawas.
Kesimpulan akhir yang dapat saya ambil dari pembelajaran modul 3.1 ini adalah :
1. Dalam melaksanakan proses Pendidikan, seorang pendidik harus mampu melihat dan memahami kebutuhan belajar muridnya serta mampu mengelola kompetensi sosial dan emosional yang dimiliki dalam mengambil sebuah keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Untuk dapat mengambil sebuah keputusan dengan baik maka keterampilan coaching akan membantu kita sebagai pemimpin pembelajaran dengan pertanyaan- pertanyaan untuk memprediksi hasil dan berbagai opsi dalam pengambilan keputusan.
2.Keterampilan coaching ini dapat membantu murid dalam mencari solusi atas masalahnya sendiri tidak sebatas pada murid, keterampilan cocaching dapat diterapkan pada rekan sejawat atau komunitas terkait permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran. Selain itu diperlukan kompetensi kesadaran diri (self awareness), pengelolaan diri (self management), kesadaran sosial (social awareness) dan keterampilan berhubungan sosial (relationship skills) untuk mengambil keputusan dan proses pengambilan keputusan diharapkan dapat dilakukan secara sadar penuh(mindfullness), sadar dengan berbagai pilihan dan konsekuensi yang ada.
3. Implementasi pengambilan keputusan oleh seorang guru haruslah dengan berlandaskan pada filosofi Ki Hajar Dewantara, hal ini terkait dengan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran.
4. Pengambilan keputusan berlandaskan pada budaya positif dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA, yang akan mengantarkan murid pada lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman (well being).
5. Dalam pengambilan keputusan, seorang guru harus didasari pada kesadaran penuh (mindfulness) dalam upaya memfasilitasi murid menjadi bagian dari Profil Pelajar Pancasila.
6. Dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila, terkadang akan ditemui kondisi dilema etika dan bujukan moral, maka dari itu diperlukan kemampuan menganalisa permasalahan tersebut, baik itu paradigma dilema etika, memikirkan dan memilih penyelesaian sesuai dengan prinsip pengambilan keputusan dan melakukan pengujian pengambilan keputusan. sembilan langkan strategi pengambilan dan pengujian keputusan dalam memecahkan permasalahan agar keputusan tersebut berpihak pada murid serta demi terwujudnya iklim merdeka belajar.
Selanjutnya...Sebagai seorang guru, tidak jarang saya dihadapkan dengan sebuah kasus yang ternyata disebut dengan dilema etika, yaitu permasalahan yang menuntut sebuah keputusan antara benar lawan benar. Hanya saja pada saat itu saya belum mengenal yang disebut dengan prinsi pengambilan keputusan,langkah-langkah pengujian pengambilan keputusan dan paradigma tentang dilema etika.
Komentar
Posting Komentar