REFLEKSI INDIVIDU 2.1.a.3 Mulai Diri

Ketika murid saya beragam di kelas, maka...?

Saya akan melakukan...

Saya akan berusaha memberikan pembelajaran yang menyenangkan pada
murid. Berusaha juga memberikan pelayanan dalam pembelajaran yang sesuai

kodrat alam dan zamannya. Perlakukan yang saya terapkan juga akan berbeda

sesuai dengan kebutuhan murid. Langkah awal saya akan melakukan wawancara
dari hati ke hati dengan murid. Intinya pembelajaran seperti apa yang yang
diinginkan murid kemudian akan dikaitkan dengan berbagai preferensi murid
tersebut. Sehingga pembelajaran yang akan saya lakukan akan berpusat pada
preferensi murid tersebut. Contohnya: ketika belajar materi Keberagaman daerah
dalam Bingkai NKRI, saya akan kelompokkan murid sesuai dengan hobi dan


kesukaan yang sama. Tugasnya pun disesuaikan dengan hobi mereka. Ketika
anak senang masak, saya beri tugas membuat video tutorial memasak salah satu
makanan khas suatu daerah di Indonesia kemudian mereka mengunggah video
tersebut ke kanal sosial media mereka untuk dipublikasikan.

Tantangan dan tindakan yang dilakukan...

Tantangan dari keberagaman adalah banyaknya hal yang harus dipersiapkan
dan dipahami dari keberagaman murid itu sendiri. Perlakukan individual yang
berbeda perlu dilakukan, terlebih ketika kuantitas murid hampir 1500 siswa . Artinya
perjuangan untuk mengenali per murid dengan beragam preferensi memerlukan
waktu intens. Kemudian timbul protes dari murid dan lain sebagainya. Tindakan
yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut tentunya saya akan berusaha
semaksimal mungkin mengenali dan memahami preferensi tersebut, minimal
dengan mengelompokkan murid dengan preferensi yang sama sehingga
pengenalan preferensi murid akan dilakukan per kelompok preferensi. Selain itu
tugas yang diberikan dalam pemenuhan capaian pembelajaran juga akan
disesuaikan dengan preferensi murid tersebut, sehingga murid akan mengerjakan
tugas dengan senang hati karena tugas sejalan dengan hobinya dengan
kemampuannya.

Rancangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran

Pembelajaran harus dirancang, dilaksanakan, dievaluasi sesuai dengan
kebutuhan murid: sesuai kodrat alam dan zamannya. Meskipun materi dan alat
ukur evaluasi hanya satu misalnya: materi Keberagaman daerah dalam Bingkai
NKRI dengan penilaian kinerja murid (membuat video publikasi) dalam kelompok
tapi karena kategori tugas dilakukan beragam sesuai preferensi murid maka akan
timbul keanekaragaman tema dari evaluasi tersebut dan hasilnya juga beragam.

Komentar