REFLEKSI INDIVIDU 2.1.a.3 Mulai Diri
Ketika murid saya beragam di kelas, maka...?
Saya akan melakukan...
Saya akan berusaha memberikan pembelajaran yang menyenangkan pada
murid. Berusaha juga memberikan pelayanan dalam pembelajaran yang sesuai
kodrat alam dan zamannya. Perlakukan yang saya
terapkan juga akan berbeda
sesuai dengan kebutuhan murid. Langkah awal saya
akan melakukan wawancara
dari hati ke hati dengan murid. Intinya
pembelajaran seperti apa yang yang
diinginkan murid kemudian akan dikaitkan dengan
berbagai preferensi murid
tersebut. Sehingga pembelajaran yang akan saya
lakukan akan berpusat pada
preferensi murid tersebut. Contohnya: ketika
belajar materi Keberagaman daerah
dalam Bingkai NKRI, saya akan kelompokkan murid
sesuai dengan hobi dan
kesukaan yang sama. Tugasnya pun disesuaikan
dengan hobi mereka. Ketika
anak senang masak, saya beri tugas membuat video
tutorial memasak salah satu
makanan khas suatu daerah di Indonesia kemudian
mereka mengunggah video
tersebut ke kanal sosial media mereka untuk
dipublikasikan.
Tantangan dan tindakan yang dilakukan...
Tantangan dari keberagaman adalah banyaknya hal
yang harus dipersiapkan
dan dipahami dari keberagaman murid itu sendiri.
Perlakukan individual yang
berbeda perlu dilakukan, terlebih ketika
kuantitas murid hampir 1500 siswa . Artinya
perjuangan untuk mengenali per murid dengan
beragam preferensi memerlukan
waktu intens. Kemudian timbul protes dari murid
dan lain sebagainya. Tindakan
yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut
tentunya saya akan berusaha
semaksimal mungkin mengenali dan memahami
preferensi tersebut, minimal
dengan mengelompokkan murid dengan preferensi
yang sama sehingga
pengenalan preferensi murid akan dilakukan per
kelompok preferensi. Selain itu
tugas yang diberikan dalam pemenuhan capaian
pembelajaran juga akan
disesuaikan dengan preferensi murid tersebut,
sehingga murid akan mengerjakan
tugas dengan senang hati karena tugas sejalan
dengan hobinya dengan
kemampuannya.
Rancangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi
Pembelajaran
Pembelajaran harus dirancang, dilaksanakan,
dievaluasi sesuai dengan
kebutuhan murid: sesuai kodrat alam dan
zamannya. Meskipun materi dan alat
ukur evaluasi hanya satu misalnya: materi Keberagaman
daerah dalam Bingkai
NKRI dengan penilaian kinerja murid (membuat
video publikasi) dalam kelompok
tapi karena kategori tugas dilakukan beragam
sesuai preferensi murid maka akan
timbul keanekaragaman tema dari evaluasi
tersebut dan hasilnya juga beragam.
Komentar
Posting Komentar