TUGAS 2.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 2.2 MEMBUAT RENCANA PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL (PSE)
PENDIDIKAN
GURU PENGGERAK ANGKATAN 9
TAHUN
2023
1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik:
Pembelajaran ini memetakan kebutuhan belajar Peserta didik berdasarkan kesiapan belajar (Readiness)
dengan menyiapkan soal pre test:
Kesiapan belajar Peserta didik |
Peserta didik yang telah memahami Komunikasi data, dan siap diberikan
tantangan untuk menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan peluang kejadian saling saling
bebas. |
Peserta didik yang sebenarnya telah cukup memahami
peluang kejadian saling bebas, namun masih
mengalami kesulitan memilih
menyelesaikan masalah menggunakan konsep kejadian
kejadian saling bebas. Memerlukan membaca literatur. |
Peserta
didik yang masih belum memahami materi prasyarat, dan konsep Komunikasi data. Peserta didik ini
memerlukan bimbingan dari guru atau tutor sebaya |
Nama Peserta didik
Kelas XI TKJ |
(Kelompok A1, A2, A2)
A1:Habibi, Dimo, Anggita, Stephanie, Tina A2:
Dina, Marta Zaky, Elsi, Gina, Herlin) |
(Kelompok B1, B2) B1: Fauzy,
Hafidz, Gustri, Desti, Rayhani |
(Kelompok C1, C2) C1: Chantyka, Sri, Suci,
Dewi, Della C2: Fadhilla, Nabila, Sptya, Tara, Tiara |
|
A3: Fenti,
M. Rozagi, Febi, Hesi,
Yudia) |
B2:
Eghi, fauzan, Debi, Meilisa, Virni |
|
Proses |
Peserta didik diminta mengerjakan soal
tingkat tinggi dan diminta untuk bekerja secara mandiri, kemudian saling memeriksa pekerjaan masing-masing
dan mengkomunikasikannya/ membantu teman
sekelas sebagai tutor sebaya. |
Peserta didik menggunakan berbagai sumber belajar, misalnya
video pembelajaran yang disediakan guru, atau browsing di internet. Jika
masih mengalami kesulitan, diskusikan ke |
Peserta didik ini akan mendapat pembelajaran
yang lebih diperhatikan ketidak
mampuannya tentang Konsep
Komunikasi Data. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini. |
|
|
teman baru bertanya pada guru |
|
Produk |
Peserta didik
dibebaskan menentukan dan memilih bentuk menyajikan laporan tugas
menyelesaikan masalah kontekstual sebagai tagihan tugas. Peserta didik dapat
memilih penyajiannya berupa: komik, podcast, tik tok, video rekaman menjelaskan tugas, live di instagram, facebook, info grafis, artikel,
cerpen, poster, menggunakan aplikasi IT atau manual, sesuai kemampuan yang
dimilikinya. |
Dalam hal ini saya akan mendiferensiasi konten, mendeferensiasi pembelajaran dalam memberikan materi dan tugas/ tagihan dengan
mempertimbangkan profil belajar Peserta didik.
Kelompok Kamboja :
Peserta didik yang telah memahami
Komunikasi data, dan siap diberikan tantangan untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
peluang saling bebas.
Kelompok Matahari
:
Peserta didik yang sebenarnya telah cukup memahami Komunikasi data,
namun masih mengalami kesulitan memilih menyelesaikan masalah menggunakan
konsep kejadian saling bebas.
Kelompok Melati :
Peserta
didik yang masih belum memahami
materi prasyarat, dan Konsep
Komunikasi Data.
1. Pembuatan Rpp (Moda Luring)
Berdiferensiasi Sosial Emosional
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (MODA LURING)
Nama Sekolah :
SMKN 1 BARUMUN
Mata Pelajaran : Teknology Layanan Jaringan (TLJ)
Kelas/ Semester : XI/ Ganjil
Materi Pokok : Komunikasi
Data
Alokasi Waktu : 6 JP @40 Menit
I.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang
kejadian majemuk (peluang kejadian- kejadian saling bebas, saling lepas, dan
kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak |
3.4.1.Menjelaskan berbagai jenis aplikasi
komunikasi data 3.4.2.Memahami aplikasi komunikasi data 3.4.3.Menjelaskan karakteristik aplikasi
komunikasi data 3.4.4.Menganalisis proses komunikasi data dalam
jaringan |
4.4 Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara |
4.4.1.
Mempresentasikan teknologi komunikasi data |
I.
TUJUAN
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan strategi berdiferensiasi konten dengan teknik modifikasi Test Taking Teams, yang menuntun Peserta didik secara berdiskusi dalam kelompok, saling bekerja sama, percaya diri, Peserta didik
diharapkan mampu:
· Menentukan Komunikasi data dengan tepat
· Menentukan penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
majemuk yang saling bebas.
II.
SUMBER PEMBELAJARAN
a. Materi pembelajaran: Komunikasi Data
b.
Sumber pembelajaran:
-
Buku siswa Teknology layanan Jaringan wajib
kelas XI
-
Modul Pembelajaran dan lembar kerja
-
Video pembelajaran yang mencakup:
a).
Materi prasyarat, https://www.youtube.com/watch?v=hZTilKC01pA
b).
Materi Komunikasi Data, https://www.youtube.com/watch?v=NLRvV-XhA_0
III.
METODE PEMBELAJARAN
Strategi Berdiferensiasi Konten,
Model Pembelajaran Kolaboratif Modifikasi Test-Taking Teams (Penugasan Individu, Diskusi Kelompok)
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
-
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- - Guru menyapa Peserta didik dan menyampaikan salam, pesan pembelajaran akan dimulai.
- - Guru memulai kegiatan rutin membuka pembelajaran (salam, senyum, sapa, do’a, cek kehadiran Peserta didik), PSE (Pengolahan Diri)
- Guru memberikan ice breaking,
diiringi lagu laskar pelangi, Peserta didik 2 orang diminta memimpin ke depan untuk memandu gerakan
tangan ke atas,
memutar badan, dsb). Hal
ini dimaksudkan agar fresh kembali setelah melalui pembelajran sebelumnya.
-
Guru memberikan afirmasi berupa
motivasi untuk terus berjuang dengan keadaan apapun. Menampilkan video motivasi
HHN (Hadapi, Hayati, Nikmati: https://www.youtube.com/watch?v=SrZuZVu-Wj4 ) PSE (Pengolahan Diri)
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran ini dan menyampaikan akan mengintegrasikan pembelajran sosial..
Komentar
Posting Komentar