TUGAS 2.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 2.2 MEMBUAT RENCANA PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL (PSE)

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 9

TAHUN 2023

1.   Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik:

Pembelajaran ini memetakan kebutuhan belajar Peserta didik berdasarkan kesiapan belajar (Readiness) dengan menyiapkan soal pre test:

Kesiapan belajar Peserta didik

Peserta didik yang telah memahami Komunikasi data, dan siap diberikan tantangan               untuk menyelesaikan masalah kontekstual              yang berkaitan                             dengan peluang kejadian saling saling bebas.

Peserta didik                       yang sebenarnya telah cukup memahami peluang kejadian saling           bebas,

namun          masih mengalami kesulitan memilih menyelesaikan masalah menggunakan konsep      kejadian kejadian        saling bebas.

Memerlukan membaca literatur.

Peserta didik yang masih belum memahami materi prasyarat, dan konsep                   Komunikasi data. Peserta didik ini memerlukan bimbingan dari guru atau tutor sebaya

Nama Peserta didik Kelas XI TKJ

(Kelompok A1, A2, A2) A1:Habibi, Dimo, Anggita, Stephanie, Tina

A2: Dina, Marta Zaky, Elsi, Gina, Herlin)

(Kelompok B1, B2)

B1: Fauzy, Hafidz, Gustri, Desti, Rayhani

(Kelompok C1, C2) C1:       Chantyka,   Sri, Suci, Dewi, Della

C2:    Fadhilla,   Nabila, Sptya, Tara, Tiara

 

A3: Fenti, M. Rozagi, Febi, Hesi, Yudia)

B2: Eghi, fauzan,

Debi,         Meilisa, Virni

 

Proses

Peserta didik       diminta mengerjakan soal tingkat tinggi dan diminta untuk bekerja secara mandiri, kemudian               saling memeriksa pekerjaan masing-masing dan mengkomunikasikannya/ membantu teman sekelas sebagai tutor sebaya.

Peserta didik menggunakan berbagai     sumber belajar,     misalnya video pembelajaran yang disediakan     guru, atau browsing di internet.           Jika masih mengalami kesulitan, diskusikan          ke

Peserta didik        ini                    akan mendapat pembelajaran yang lebih diperhatikan ketidak mampuannya tentang Konsep Komunikasi Data. Guru akan memberikan scaffolding                            dalam proses ini.



 

 

teman              baru bertanya pada guru

 

Produk

Peserta didik dibebaskan menentukan dan memilih bentuk menyajikan laporan tugas menyelesaikan masalah kontekstual sebagai tagihan tugas. Peserta didik dapat memilih penyajiannya berupa: komik, podcast, tik tok, video rekaman menjelaskan tugas, live di instagram, facebook, info grafis,

artikel, cerpen, poster, menggunakan aplikasi IT atau manual, sesuai kemampuan yang dimilikinya.


Dalam hal ini saya akan mendiferensiasi konten, mendeferensiasi pembelajaran dalam memberikan materi dan tugas/ tagihan dengan mempertimbangkan profil belajar Peserta didik.

 Sehingga, didapatkan pembagian kelompok sebagai berikut:

Kelompok  Kamboja :

Peserta didik yang telah memahami Komunikasi data, dan siap diberikan tantangan untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan peluang saling bebas.

Kelompok Matahari :

Peserta didik yang sebenarnya telah cukup memahami Komunikasi data, namun masih mengalami kesulitan memilih menyelesaikan masalah menggunakan konsep kejadian saling bebas.

 

Kelompok Melati :

Peserta didik yang masih belum memahami materi prasyarat, dan Konsep Komunikasi Data.


1.      Pembuatan Rpp (Moda Luring) Berdiferensiasi Sosial Emosional

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (MODA LURING)

 

Nama Sekolah                   : SMKN 1 BARUMUN

Mata Pelajaran                   : Teknology Layanan Jaringan (TLJ)

Kelas/ Semester                 : XI/ Ganjil

Materi Pokok                    : Komunikasi Data

Alokasi Waktu                  : 6 JP @40 Menit

 

 

I.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian- kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak

3.4.1.Menjelaskan berbagai jenis aplikasi komunikasi data

3.4.2.Memahami aplikasi komunikasi data

3.4.3.Menjelaskan karakteristik aplikasi komunikasi data

3.4.4.Menganalisis proses komunikasi data dalam jaringan

 

4.4 Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara

4.4.1.  Mempresentasikan teknologi komunikasi data

 


I.     TUJUAN

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan strategi berdiferensiasi konten dengan teknik modifikasi Test Taking Teams, yang menuntun Peserta didik secara berdiskusi dalam kelompok, saling bekerja sama, percaya diri, Peserta didik diharapkan mampu:

·    Menentukan Komunikasi data dengan tepat

·  Menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian majemuk yang saling bebas.

 

II.            SUMBER PEMBELAJARAN

a.  Materi pembelajaran: Komunikasi Data

b. Sumber pembelajaran:

-          Buku siswa Teknology layanan Jaringan wajib kelas XI

-          Modul Pembelajaran dan lembar kerja

-          Video pembelajaran yang mencakup:

a).    Materi prasyarat, https://www.youtube.com/watch?v=hZTilKC01pA

b).    Materi Komunikasi Data, https://www.youtube.com/watch?v=NLRvV-XhA_0

                                                                                                       

 

III.          METODE PEMBELAJARAN

Strategi Berdiferensiasi Konten,

Model Pembelajaran Kolaboratif Modifikasi Test-Taking Teams (Penugasan Individu, Diskusi Kelompok)

 

IV.          KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

-        Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

 

-       -   Guru menyapa Peserta didik dan menyampaikan salam, pesan pembelajaran akan dimulai.

-      - Guru memulai kegiatan rutin membuka pembelajaran (salam, senyum, sapa, do’a, cek kehadiran Peserta didik), PSE (Pengolahan Diri)

- Guru memberikan ice breaking, diiringi lagu laskar pelangi, Peserta didik 2 orang diminta memimpin ke depan untuk memandu gerakan tangan ke atas, memutar badan, dsb). Hal ini dimaksudkan agar fresh kembali setelah melalui pembelajran sebelumnya.

-          Guru memberikan afirmasi berupa motivasi untuk terus berjuang dengan keadaan apapun. Menampilkan video motivasi HHN (Hadapi, Hayati, Nikmati: https://www.youtube.com/watch?v=SrZuZVu-Wj4 ) PSE (Pengolahan Diri)

-  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran ini dan menyampaikan akan mengintegrasikan pembelajran sosial..


Download FILE PDF LENGKAP


Komentar